Breaking News

Monograf

Pengendalian Anggaran Dengan Metode Fuzzy Logic Sugeno Dan Fuzzy Logic Mamdani Dan Implementasinya Pada Aplikasi Web

Penelitian ini memaparkan tentang pemanfaatan metode logika fuzzy sugeno dan mamdani untuk membantu para pengambil keputusan dalam mengendalikan anggaran, yang dalam penyajian kinerjanya nanti diimplementasikan pada aplikasi web. Melalui meknisme perbandingan dari hasil perhitungan dua metode tersebut maka akan diperoleh nilai yang optimal untuk menetapkan keputusan. Sebuah nilai dari kedua metode itu bisa dikatakan optimal jika jumlah perkiraan anggaran dekat dengan jumlah aktual dalam perusahaan. Maka tujuan kongkritnya dalam membandingkan kedua metode ini adalah untuk mengetahui nilai optimal dari keduanya metode dan tingkat akurasinya.

Hasil percobaan menggambarkan grafik Fuzzy Sugeno relatif lebih tidak konsisten yaitu menunjukkan data dan grafik pertumbuhan yang fluktuatif ketika menurun dan meningkat secara dramatis. Sedangkan grafik metode Mamdani menunjukkan relatif lebih konsisten.


Analisis Strategi Pengadaan Barang dan Jasa Menggunakan Algoritma Heuristic Miner dan Pemograman Python

Sebuah pengembangan prototype berbasis python pada  sistem pengadaan barang dan jasa untuk perusahaan logistik menggunakan algoritma heuristic miner . Melalui mekanisme ini penentuan proses pengadaan barang dan jasa yang didasarkan pada urutan kegiatan dan data lokasi barang dapat dipersingkat sehingga tidak membuang banyak waktu.