deskripsi gambar

Breaking News

Tokopedia dan Sociolla.com di "Gerakan Alumni Peduli" D4TI

 


IF.POLTEKPOS.AC.ID- Bandung, Guna meningkatkan wawasan dan kemampuan mahasiswa dalam mengelola dan mengolah ide-ide kreatif dan implementasinya pada kegiatan Proyek TI, program studi bersama HIMATIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) menggelar webinar gratis dengan menghadirkan para alumni D4 Teknik Informatika (D4TI) sebagai narasumber.

Kegiatan ini (13/06) cukup menarik karena untuk kali pertamanya D4TI menyelengarakan konsep pembekalan mahasiswa proyek melalui gerakan almuni peduli. Gagasan atas gerakan alumni peduli ini didasari atas makin banyaknya para alumni D4TI yang telah berhasil berkiprah di dunia industri nasional dan internasional dan  adanya potensi-potensi yang ditunjukkan para mahasiswa hasil bootcamp program studi dan IRC (Informatics Reasearch Center) dimana mereka dapat kontrak pekerjaan sebelum menyelesaikan studinya. Melalui gerakan ini, harapannya dapat menghubungkan informasi kebutuhan dunia kerja saat ini dengan kompetensi-kompetensi yang sedang di bangun di program studi.

Narasumber yang dihadirkan merupakan para programmer dari ecommerce platform terkenal di indonesia (Tokopedia dan Sociolla.com) yaitu Robby Rohmantri, S.Tr.Kom, M.TI. (Alumni Angkatan 2012), saat ini bekerja sebagai Senior Software Engineer di Tokopedia dan Gilang Ramandhanu Tartila, S.Tr.Kom (Alumni Angkatan 2014) sebagai Fullstack Developer di Sociolla.com.

Dalam kesempatan ini, narasumber memberikan arahan dan wawasan tentang bagaimana kebutuhan skill pemrograman yang paling diminati oleh perusahaan-perusahaan ecommerce saat ini, bagaimana iklim kerja, tips mengembangkan skill menulis program dan berkomunikasi serta peluang-peluang mahasiswa yang masih eksis berkuliah untuk mendapatkan penghasilan sebelum selesai studinya.

Dalam skema pengembangan kompetensi mahasiswa di program studi, menurut Ketua Program Studi di sela-sela sambutannya, mengungkapkan ada 3 elemen penting yang harus dilalui mahasiswa untuk mencapai profil lulusan yang diharapkan yaitu kegiatan proyek, yang terdiri dari proyek TI 1 sampai 3 yang ditempuh dalam 3 semester, kegiatan internship dalam 2 semester dan tugas akhir selama 1 semester. Setiap elemen akan memprofil kompetensi mahasiswa sesuai dengan level kompetensinya disetiap semester. Kegiatan proyek merupakan upaya membangun kompetensi fundamental mahasiswa untuk menentukan arah peminatan yang akan mendukung tuntas profil kompetensi mahasiswa di tugas akhir. Sehingga hal ini perlu diperjuangkan agar mahasiswa dapat menikmati proses pengembangan kompetensinya tahap demi tahap dan tidak merasa terpaksa belajar karena sudah belajar untuk menemukan jati dirinya. 


Sesuai dengan harapan semua dosen di program studi, mudah-mudahan gerakan alumni peduli ini dapat menginspirasi mahasiswa aktif untuk semakin semangat belajar dan memupuk kepedualian para alumni terhadap kemajuan almamater serta membangun kebanggan para mahasiswa terhadap alamamater tercinta