Breaking News

PUNCAK MORRIS IF'19 TAHAP II (SESI COACHING)

 Hallo Mahasiswa Teknik Informatika!!

        Di minggu lalu, telah dilaksanakan kegiatan Puncak Morris Tahap 1, nah kali ini yaitu di hari Minggu, 17 Januari 2021 telah selesai dengan lancar kegiatan Puncak Morris IF’19 Tahap II. Pada tahapan Morris II ini berisikan rangkaian kegiatan coaching dengan pemateri dari dosen Prodi D4 Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia, di antaranya yaitu M. Yusril Helmi Setyawan S.Kom.,M.Kom., Cahyo Prianto S.Pd., M.T. dan Nisa Hanum Harani,S.Kom.,M.T. 

        Acara yang pertama yaitu pembukaan oleh Ketua Prodi D4 Teknik Informatika yaitu M. Yusril Helmi Setyawan, S.Kom., M.Kom., Dilanjutkan oleh sesi pemaparan materi.

        Sesi Coaching dilaksanakan dengan metode breakout room zoom menjadi tiga room yang berbeda. Dalam satu room zoom dibagi 1 dosen pemateri dan 24 mahasiswa supaya lebih efektif serta efisien dalam pemaparan materi desain thinking. 

        Sesi Coaching ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa terhadap ide yang dimiliki serta dapat menyelesaikan permasalahan yang telah terjadi. Pada desain thingking kali ini perserta diikutsertakan dalam perlombaan yang diadakan oleh PT. Pos Indonesia yaitu Postal Inovasi Award, perlombaan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada di PT. Pos Indonesia melalui desain thinking yang telah dibuat oleh peserta. Pada perlombaan ini terdapat 20 kelompok dalam satu kelompok terdapat 3-4 orang. Acara Puncak Morris tahap kedua ini berlangsung dengan lancar, serta keaktifan dari para peserta dalam berdiskusi dengan pendamping kelompok beserta pemateri mengenai permasalahan apa saja yang ada di PT. Pos Indonesia yang dapat dituangkan melalui desain thinking.

        Coaching dalam Morris kali ini para dosen memberikan instruksi, bimbingan mengenai 3 tema desain thingking antara lain Technology breakthrough, sosial innovation serta business strategy. Dalam Business Strategy pokok masalah yang tercangkup adalah berupa ide inovasi guna pengembangan bisnis perusahaan PT. Pos Indonesia yang diwujudkan dalam peningkatan pendapatan, peningkatan kualitas operasi serta efisiensi biaya, dan terbagi dalam 4 sub kategori antaralain yaitu bisnis kurir dan logistik, bisnis jasa keuangan, operasi dan yang terakhir adalam bisnis lain yang relevan. 

        Dalam Business strategy ini memiliki beberapa kriteria inovasi antara lain inovasi dalam bentuk rencana stategis baik yang sudah diimplementasikan di unit kerja saat ini namun masih dapat dikembangkan maupun yang diterapkan dalam perusahaan.Selanjutnya pada tema Technology Breakthrough yaitu berupa ide inovasi baik hardware maupun software technology lain yang berdampak positif pada proses bisnis, dapat mengingkatkan customer experinece serta mampu menjaga sustainbility bisnisperusahaan. Salah satu kriteria inovasinya adalah stategi inovasi harus memiliki

        Pengaruh positif terhadap kinerja, baik keuangan maupun operasional dan aspek teknis perusahaan. Dan yang terakhir adalah tema Social Innovation yaitu berupa ide inovasi yang bersifat non-komersial, berorientasi pada pengembangan manusia dan komunits memiliki dampak positif bagi sosial dan lingkungan serta meningkatkan image positif perusaahan dengan kriteria inovasinya yaitu dapat berupa social project yang dirancang dan diesekusi oleh internal perusahaan