Applied Bachelor Program of Informatics Engineering

Tuesday, August 7, 2018

BERBAGAI DOSEN PT HADIRI WORKSHOP D4 TEKNIK INFORMATIKA

Sabtu (4/8) bertempat di Gedung COT (Center of Technology) Politeknik Pos Indonesia, Program studi Diploma IV Teknik Informatika melalui IRC (Informatics Research Center) mengadakan workshop tools publikasi menggunakan bibtex, latex dan mandeley. Workshop kali ini dilaksanakan dengan 2 kategori yaitu kategori dosen dan mahasiswa. Kategori mahasiswa diikuti oleh 60 mahasiswa rumpun informatika Politeknik Pos Indonesia dari berbagai tingkatan, sedang kategori dosen diikuti kurang lebih 10 orang dosen dari berbagai perguruan tinggi baik yang sedang tugas belajar atau masih menjadi dosen aktif diantaranya adalah dosen dari Universitas Bung Hatta Padang, Universitas Pasundan, Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia dan lain-lain. 

Topik workshop rupanya menjadi influence bagi para peserta untuk mengikuti even ini, "Topik yang spesifik yaitu tentang bibtex, latex dan mendeley itu yang menjadi motivasi saya untuk mengikuti workshop ini", Kata Angger, salah satu dosen yang sedang studi lanjut di UPI. " Workshop penulisan ilmiah banyak dan mahal, tapi yang spesifik seperti ini di Bandung jarang atau mungkin malah ga ada" lanjutnya.

"Workshop ini sebenarnya adalah cara kami untuk membuka peluang kolaborasi, karena dalam riset, kolaborasi adalah keniscayaan. Kolaborasi meningkatkan kebermanfaatan baik secara produk maupun reputasi" Demikian ungkap Ketua Program Studi, Yusril Helmi Setyawan, saat membuka acara ini.


Workshop yang menghadirkan instruktur dari dosen program studi yang telah memiliki pengalaman di jurnal bereputasi terindex scopus, Rolly Mulana Awangga dan Syafrial Fachri Pane ini membahas mengenai berbagai materi tentang bagaimana menggunakan tools publikasi, cara cepat mensitasi, manajemen paper dengan sistem informasi online, kiat menanggapi hasil reviewer dan lain-lain. Metode diskusi, tutorial dan praktek langsung adalah menjadi daya tarik dari workshop ini.

Irwansyah, Dosen Universitas Bung Hatta Padang, bahkan tidak menampik bahwa penulisan publikasi harus menggunakan tools yang relevan dengan jamannya agar meningkatkan peluang accepted disamping perlunya merelavansikan isi dan penyajian. Dosen yang sedang membuat penelitian tentang metode pembelajaran STEM (Science, Technology and Mathematics) ini bahkan mengajak untuk kolaborasi dengan memanfaatkan produk-produk inovasi program studi Diploma IV teknik informatika sebagai bahan pembelajaran melalui inovasi STEM.


Secara umum workshop ini berjalan dengan baik, untuk itu melalui media ini seluruh civitas academica Program Studi Diploma IV Teknik Informatika mengucapkan terima kasih yang luar biasa kepada manajer COT, Amri Yanuar, yang telah memfasilitasi terselenggarannya kegiatan ini di gedung COT. Salam Kolaborasi !!!!

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Akreditas BAN-PT "B"

Akreditas BAN-PT "B"
SK Akreditasi Prodi D4 Teknik Informatika "B" 1496/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/VI/2018

Informasi Data Center PTN/PTS

Informasi Beasiswa

Informasi Beasiswa Dosen

Informasi Beasiswa Bidik Misi

Informasi Referensi Karya Ilmiah

Informasi Data Center Journal Terakreditasi Nasional dan International

Referensi Journal International

OWR NEWSLETTER

Total Pageviews