Applied Bachelor Program of Informatics Engineering

Thursday, July 26, 2018

CALL POSEIDON : Inovasi Water Dispenser Jaman Now

Call Poseidon merupakan sebuah inovasi water dispenser yang memiliki kemampuan unik yaitu mampu memprediksi takaran air pada obyek gelas sesuai volumenya tanpa tumpah. Inovasi garapan Febby, Mahasiswa Tingkat akhir ini, memiliki keunggulan dibanding dengan produk serupa yang sedang dikembangkan oleh sebuah software house terkemuka di indonesia saat ini, diantaranya adalah ketepatan dalam menebak volume isi gelas yang sangat baik.

Dalam kinerjanya takaran air diatur oleh gerakan buka tutup kran air oleh motor servo yang ditentukan oleh hasil pembacaan sensor yang diletakkan sekitar obyek gelas. Dalam proses pengembangannya,  dilakukan dalam beberapa tahapan, dimulai dari mendesain PID dengan metode Ziegler-Nichols dan metode Cohen-Coon hingga me-maintain servo sebagai pengendali keluaran air dengan cara tuning. Eksperimen dilakukan dengan metode fuzzy dan membandingkannya dengan hasil metode PID untuk mendapatkan nilai optimal air pada obyek gelas. 

Untuk memudahkan pengendalian dan monitoring kinerja produk ini, Rezka yang juga merupakan tim laboratorium pengembangan CALL POSEIDON melengkapinya dengan perangkat pengendali berbasis android yang memiliki kemampuan dalam memonitor ketersediaan air dalam galon dengan memberikan notifikasi otomatis ke smartphone jika volume air galon berkurang. Dan yang tak kalah serunya adalah alat ini dilengkapi dengan sistem yang mampu merekomendasikan depot isi ulang yang direkomendasikan berdasarkan parameter-parameter tertentu. Wow !
"Tahap berikutnya kami akan implan-kan ke dispenser air sungguhan" ucap Febby, "Yang perlu topik untuk IT Project dan Tugas Akhir, Call Poseidon Gudangnya, Call Poseidon team siap berkolaborasi !" tambah Rezka dengan penuh semangat.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Akreditas BAN-PT "B"

Akreditas BAN-PT "B"
SK Akreditasi Prodi D4 Teknik Informatika "B" 1496/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/VI/2018

Informasi Data Center PTN/PTS

Informasi Beasiswa

Informasi Beasiswa Dosen

Informasi Beasiswa Bidik Misi

Informasi Referensi Karya Ilmiah

Informasi Data Center Journal Terakreditasi Nasional dan International

Referensi Journal International

OWR NEWSLETTER

Total Pageviews