Monday, May 14, 2018

Inisiasi Pendirian Developer Student Club Chapter Politeknik Pos Indonesia

Sejak February 2018, Google gencar mencari mahasiswa bertalenta dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk direkrut sebagai Google DSC (Developer Student Club) Leader. Melalui Google Developers Grup, Google merilis sebuah program yang ditujukan untuk para mahasiswa yang ingin belajar lebih mendalam tentang pengembangan aplikasi mobile dan web. Program ini dikenal dengan sebutan Developer Student Club atau yang biasa disingkat DSC.


DSC merupakan program dari Google Developers yang dirancang untuk membantu mahasiswa dan mahasiswi dalam mengembangkan kemampuan dan pengetahuan di pengembangan aplikasi mobile dan web. Program dari Google Developers ini terbuka bagi seluruh mahasiswa maupun mahasiswi dengan semua tingkatan kemampuan, dari developer pemula yang baru mulai belajar hingga mereka yang sudah menjadi developer tingkat lanjut yang ingin mengembangkan kemampuannya. Dalam program ini, Google memiliki tujuan untuk memberikan ruang bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk berkolaborasi dan belajar bersama saat memecahkan permasalahan di pengembangan mobile dan web.

Salah satu mahasiswa Program studi D4 Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia , R Rifa Fauzi Komara, dinyatakan lulus dan diundang untuk mengikuti acara Developer Student Clubs (DSC) Leader Summit 2018 yang di selenggarakan di Denpasar, Bali (2 – 5 Maret 2018).

Para mahasiswa bertlenta yang terpilih menjadi DSC Leaders diundang ke acara tersebut dapat berdiskusi, belajar dan sharing bersama Googlers dan Speakers dari berbagai negara. "Di acara ini saya mendapatkan teman baru yang wawasannya lebih luas, ilmu baru yang di dapatkan dari Googlers dan Speakers yang hebat dan mendapatkan pengalaman – pengalaman yang luar biasa " kata rifa menjelaskan pengalamannya.

Usai Summit 2018, rifa dan beberapa kelompok study club di lingkungan program studi diploma IV Teknik Informatika bersama-sama menginisiasi pendirian komunitas DSC ini di Politeknik Pos Indonesia yang bernama Developer Student Club (DSC) Chapter Politeknik Pos Indonesia yang bertujuan untuk belajar bersama, saling berdiskusi dan sharing mengenai pengembangan teknologi mobile dan web serta untuk membantu dan memecahkan permasalahan di local bisnis sekitar. DSC Chapter Politeknik Pos Indonesia telah melakukan open recruitment untuk seluruh mahasiswa Politeknik Pos Indonesia terutama  Prodi D3 Management Informatika, D3 Teknik Informatika dan D4 Teknik Informatika yang ingin belajar mengenai teknologi web dan mobile pada acara Kuliah Umum yang lalu (27 Maret 2018).



DSC Chapter Politeknik Pos Indonesia juga telah menyelenggarakan beberapa kegiatan diantaranya wokrshop yang akan diadakan secara rutin yang berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) dan juga seminar untuk memperingati hari kartini pada bulan april lalu.