Thursday, April 5, 2018

Prodi D4 TI Gelar Pameran Riset Mahasiswa 2018

Berbarengan dengan gelaran kuliah umum tanggal 27 Maret 2018 yang lalu, ada satu even yang banyak menyita perhatian peserta yaitu pameran hasil riset mahasiswa. Pameran ini diikuti oleh mahasiswa program studi diploma IV dari berbagai angkatan dan para alumni. Even ini dijadikan sebagai ajang pamer produk hasil penelitian pada mata kuliah Proyek, Internship maupun Tugas Akhir.

Menurut ketua panitia pelaksana, Arjun Yuda Firwanda, kegiatan ini sebenarnya sudah lama ditargetkan oleh ketua program studi, bahkan sudah diminta kepada HIMATIF kepengirusan tahun lalu, namun baru kepengurusan tahun ini HIMATIF dapat merealisasikannya. Secara umum mahasiswa cukup antusias dan gembira dengan diadakannya kegiatan seperti ini. Dan acara ini sangat berhasil meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa untuk show off.


"Ini sebagai bentuk apresiasi program studi terhadap kinerja mahasiswa " Kata ketua program studi disela-sela diskusinya dengan narasumber kuliah umum, Arjon Turnp, Ph.D. "Wujud apresiasi ini berupa menyediakan panggung untuk publikasi hasil penelitian" tambahnya.

Tidak dipungkiri bahwa salah satu kendala inovasi yang telah dilakukan oleh mahasiswa adalah minimnya publikasi inovasi, sehingga sangat rentan terindikasi plagiat karena terlambat publikasi. salah satu upaya yang pernah dilakukan adalah keikutsertaan dalam kompetisi, namun hal tersebut tidak akan memberikan dampak signifikan terhadap klaim inovasi jika tidak ditindaklanjuti dengan publikasi baik melalui jurnal ilmiah, pelibatan media/ pers dan pengurusan paten.

Berbagai produk inovasi dosen dan mahasiswa juga dipamerkan, diantaranya produk unggulan Hydropo V2, Hydropo V3, SIGAMAci V2, Prototype Smart Conveyor, PID Line Follower, e-transaction using e-KTP dan lain-lain. 

Bahkan menurut Arjon Turnip, Ph.D, produk-produk ini bisa dikolaborasikan dengan produk-produk yang sudah dibuat oleh LIPI, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas dan dapat mendekatkan diri pada pengguna. Antusiasme beliau ditunjukkan dengan ajakan untuk melakukan riset bersama dan pembuatan proposal hibah penelitian dengan dosen-dosen program studi.





No comments:

Post a Comment