Sunday, April 15, 2018

D4 Teknik Informatika Berbagi Teknik Switching Jaringan Komputer


Bertempat di Kampus SMKN 1 Rancaekek, tanggal 12 April 2018 yang lalu program studi D4 teknik Informatika bersama SMKN 1 Rancaekek menggelar program pengayakan untuk keahlian teknik komputer jaringan. Program pengayakan yang disajikan dalam bentuk diskusi panel ini diikuti oleh kurang lebih 35 siswa di program studi teknik komputer jaringan (TKJ). Adapun materi yang menjadi topic kegiatan ini adalah pengenalan teknik switching pada jaringan computer.

"Kegiatan ini sangat relevan dengan pengembangan karakter vokasi bidang keahlian TKJ" kata Cecep Saepudin, ST.,M.Pd., ketua program studi TKJ SMKN 1 Rancaekek yang juga menjadi narasumber kegiatan ini. Ia menambahkan bahwa SMK dan Politeknik sewajarnya harus bersama-sama membangun bangsa melalui sinergi dalam upaya menyediakan ruang-ruang pembelajaran untuk mengembangkan intelektualitas peserta didik sehingga mampu berperan dalam menyediakan tenaga terampil.

"Teknik switching adalah salah satu metode dalam pengelolaan jaringan local yang dapat digunakan sebagai alternative dalam mengatasi karakeristik broadcast yang ada pada system pengalamatan IPv4. Pemanfaatan physical addressing pada data link layer ini juga sekaligus dapat berkontribusi pada penanganan keamanan saat data berbentuk frame" demikian ungkap narasumber dari program studi D4 Teknik informatika, M. Yusril Helmi Setyawan, S.Kom., M.Kom., saat menyajikan materinya.

Pengetahuan tentang switching ini memang sangat dibutuhkan untuk menyediakan infrastruktur jaringan yang memadai sebelum mengiplementasikan layanan-layanan. Hal inilah yang kemudian menjadi daya Tarik peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias. Disamping itu ketersediaan perangkat-perangkat jaringan yang disediakan oleh SMKN 1 Rancaekek untuk mendukung kegiatan ini sangat memadai dan lengkap membuat optimis penyelenggara bahwa kegiatan ini akan membawa dampak yang baik untuk peningkatan komptensi peserta didik.