Applied Bachelor Program of Informatics Engineering

Thursday, April 5, 2018

ACIRO 0.1 Sabet Hibah PKM-KC DIKTI 2018


ACIRO Team

Melalui surat no: 1020/B3.1/KM/2018 DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN KEMENRISTEK DIKTI, ACIRO 0.1 dinyatakan memperoleh hibah skim PKM Karsa Cipta melalui judul penelitian Prototipe Pembersih Kaca Berbasis IOT. Penelitian mahasiswa yang dimotori oleh maulyanda, Fikri Aldi Nugraha dan Lalita Chandiany Adiputri ini mengusung solusi otomatisasi aktivitas pembersihan kaca gedung berbasis IoT (Internet of Things).

ACIRO 0.1 (Automatic Glass Cleaner in Robotic Version) ini sendiri merupakan perangkat robotic pembersih kaca bersekat kecil dan sedang, peralatan ini dapat bekerja secara otomatis berdasarkan lokasi dan posisi lingkungan kerja yang telah disesuaikan. Memiliki flkesibilitas yang tinggi untuk area kerja, monitoring - controlling kinerja berbasis IOT melalui active notification ke end-user, serta dilengkapi sensor-sensor yang dikendalikan oleh microcontroller  untuk mengelola gerakan robot. Ini merupakan pencapaian program studi yang signifikan, melalui keberhasilan riset mahasiswa ini sekaligus mengukuhkan keberhasilan dalam meningkatkan peran mahasiswa dalam keikutsertaannya menawarkan solusi permasalahan di masyarakat. 

" Diferensiasi dari perangkat ini adalah pada fleksibilitas panel rel roda penggerak " ungkap maulyanda. "Aciro ini merupakan produk kembangan dari hasil mata kuliah proyek satu kami" tambah fikri dan lalita, yang juga merupakan satu kelompok tugas mata kuliah pada semester lalu.





Share:

Akreditas BAN-PT "B"

Akreditas BAN-PT "B"
SK Akreditasi Prodi D4 Teknik Informatika "B" 1496/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/VI/2018

Informasi Data Center PTN/PTS

Informasi Beasiswa

Informasi Beasiswa Dosen

Informasi Beasiswa Bidik Misi

Informasi Referensi Karya Ilmiah

Informasi Data Center Journal Terakreditasi Nasional dan International

Referensi Journal International

OWR NEWSLETTER

Total Pageviews